Swakarya punya cerita Blog

Gudeg-deg Jogja

Posted on: Februari 6, 2009

gudegbuamad

Gudeg-deg Jogja

Kalau Anda berkesempatan tamasya berkeliling Jogja, di beberapa sudut jalan strategis akan banyak menemui penjual masakan yang manis ini. Orang Jogja suka menyantap gudeg ini terutama di pagi dan malam hari.

Secara umum masakan gudeg disajikan dengan 2 cara, yaitu gudeg basah dan kering. Untuk membuat Gudeg basah , semua bahan gudeg hanya sekali dimasak dengan direbus hingga habis airnya, sedangkan untuk gudeg kering , minimal 2 kali memasak hingga benar-benar kering. Gudeg kering mempunyai daya tahan lebih lama (bisa sampai 4-5 hari) daripada gudeg basah, karena air di dalamnya benar-benar sudah habis.

Gudeg (baik basah maupun kering) biasanya disajikan dengan sayur daun singkong, ayam , telur, dan krecek pedas (dari bahan kulit sapi). Untuk gudeg basah biasanya ditambahkan dengan areh.

Bahan baku gudeg juga bervariasi. Umumnya gudeg Jogja dibuat dari bahan baku nangka muda. Bahan baku lain adalah rebung (bambu muda) dan manggar (bunga pohon kelapa). Namun jarang orang membuat gudeg dari dua bahan baku ini, karena sulit didapat. Warungnya dapat ditemukan di jalan Hayam Wuruk, daerah Lempuyangan hanya pada malam hari.

Di pagi hari, tempat menyantap gudeg yang cukup kondang adalah di jalan sekitar kampus UGM. Di utara UGM, tepatnya di Kampung mBarek, adalah sentra produksi gudeg. Di sini ada belasan rumah yang memproduksi gudeg dan rata-rata mempunyai tempat berjualan di seantero kota Jogja. Beberapa nama gudeg kondang berasal dari kampung ini, antara lain : Gudeg Bu Hj. Amad, Gudeg Yu Narni dan Gudeg Yu Jum (Mbok Marto dan Mbok Ginuk).

Jika Anda suka Gudeg yang kering, gudeg Bu Hj.Amad yang paling joss, paling kering tapi tetap nikmat, kemudian  disusul Gudeg Yu Narni dan Yu Jum.ketiganya spesial menjual gudeg kering karena lebih awet untuk dibawa pulang atau oleh-oleh.

Kalo mau yang basah, di sepanjang Jl. Kaliurang di pagi dan malam hari ada beberapa pilihan untuk Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: